Sabtu, 02 April 2011

belajar drum

Di artikel ini akan dijelaskan cara mudah untuk memulai permainan drum. Yup, playing drums is easy, but it's hard to mastered it! Nah, jadi siapa bilang kalau main drum itu mudah? :)

Pertama, untuk memulai belajar main drum anda tidak perlu sebuah drum. Yang anda perlukan hanya duduk didepan komputer ini. Lho? Gimana cara? That's easy!!! Buatlah delapan ketukan dengan tangan kanan anda, tapi bunyi hitungan adalah " 1 and 2 and 3 and 4 and" (bahasa inggris). Pada setiap angka dan "and" yang anda sebutkan buatlah pukulan bersamaan dengan hitungan. Lakukan!
"one and two and three and four and"
Sudah? Nah, itu adalah ketukan 1/8. Ingat, 1/8.

Nah, sekarang buat ketukan dengan tangan kiri pada hitungan "two" dan "four". Tangan kanan tetap membuat ketukan seperti yang pertama. 1 2 3 4... Mulai!
"one and two and three and four and".
Sudah? mudahkan? Tapi itu belum semua... step terakhir adalah membuat ketukan dengan kaki kanan yang jatuhnya pada hitungan "one" dan "three". Tapi lagi2 tangan kanan dan kiri tetap melakukan hal yang sudah anda lakukan tadi, kaki kanan tinggal memperkaya ketukan2 itu. 1 2 3 4... mulai!
"one and two and three and four and...."
Wow! Selamat, anda sekarang sudah bisa dibilang seorang 'drummer'. Tapi ingat, itu hanya permulaan. Untuk menguasai drum secara hampir menyeluruh anda setidaknya membutuhkan waktu sekitar 6 tahun, atau bahkan lebih. :)

Pada drumset nantinya, tangan kanan anda ditempatkan pada cymbal hihat (biasanya terletak pada sisi kiri anda) atau cymbal ride yang biasanya terletak di sisi kanan anda. Tangan kiri pada snare drum yang sudah pasti terletak diantara kaki anda dan kaki kanan ditaruh diatas pedal bass drum. Dan anda tinggal melakukan pukulan2 itu dan sambung pukulan itu sehingga membentuk beat yang panjang. Menyambung pukulan2 itu mudah, ketukannya akan menjadi...
""one and two and three and four and one and two and.... dst"


BERLATIH & BELAJAR DOUBLE PEDAL

Belajar Double Pedal memang terbilang susah, tetapi jika kita bersungguh - sungguh, tekun, dan disiplin maka hasil yang kita peroleh akan memuaskan. Sebelum kita memulai belajar, persiapkan dulu double pedalnya (ya iya lah...), jika anda belum mempunyai double pedal (seperti saya, hehehe) gunakanlah Pad, atau juga dapat menggunakan lantai atau pintu, biasanya ini disebut juga air drumming yaitu belajar drum dg seolah - olah kita memukul / menggebuk drum.
Pertama, mulailah gerakkan pedal dari kaki kiri lalu kanan dg pola LR LR LR selama 1 menit, setelah itu kembangkan menjadi LLRR LLRR, karena pada saat belajar Double Pedal kaki kiri harus sering dilatih agar lemas dan tidak kaku. Selain Pola diatas kamu juga dapat menggunakan pola beriku : RLRR LRLL RLRR LRLL & LLLR RLLL LLLR RLLL, atau buatlah Pola yang kamu suka.
Kedua, gunakanlah Metronome untuk mengatur Tempo (Jika anda memulai belajar Double Pedal, mulailah dari Tempo yang lambat, kalau sudah terbiasa naikkan Tempo Dengan bertahap), metronome akan sangat membantu dalam melatih kecepatan kaki. Berlatihlah setiap hari dengan santai dan cukup minimal 30 menit, jangan kamu paksakan jika kondisimu tidak Fit. Jika kamu sudah lancar & Stabil memainkan Double Pedalnya, kembangkanlah dengan snare drum & cymbal, eh ya satu lagi...Posisi duduk juga mempengarunhi dalam permainan Double Pedal, jadi aturlah posisi dudukmu senyaman mungkin untuk berlatih Double Pedal. Selamat berlatih. . .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar