Sabtu, 20 November 2010

tugan IBD


sifat manusia dan kebudayaan manusia
1.
A) Beri  tanggapan terhadap teman dekat anda atau sahabat mengenai karakter yang dominan?

   saya mempunya teman yang benerma muhamad dzkirullah  yang biasa disapa zikri. saya sudah berteman lama dengan dia atau n\mungkin sekarang sudah bisa dikatakan sebagai sahabat . dia dan saya mempunyai banyak kesamaan oleh sebab itu kita bia berteman dengan baik contoh dari kesamaan kita seperti sama - sama suka musik, suka gila bareng, dan yang paling aneh saya dan dia mempunyai sifat takuk terhadap wanita ( eits bukan berati saya homo loh... ^___^) saya dan dia memang agak minder deh kalo untuk urusan yang satu itu. dan satu sifat yang membuat saya agak kesal dengan teman saya yang satu ini adalah dia tipekel orang yang teralu setia terhadap pasangan... so dia sering banget di khianatin ... hahaha dan kalo udah gini gw lah sebagai sahabatnya yang kena getahnya.... tapi saya tetap senang berteman dengan dia karna sahabat itu memang harus ada di saat apapun....
B) Apa yang dimaksud dengan fantasi dan perasaan manusia serta fantasi yang dimiliki oleh bangsa indonesia dalam menghadapi bencana akhir-akhir ini?
Fantasi adalah suatu daya jiwa yang dapat membentuk tanggapan baru berdasarkan tanggapan-tanggapan yang sudah ada (lama).Menurut aliran ilmu jiwa modern memberikan pengertian, suatu daya jiwa untuk menciptakan sesuatu yang baru. Dalam fantasi ini manusia dapat menciptakan sesuatu yang belum ada, sehingga merupakan suatu kreasi. Sedangkan,perasaan adalah suatu fungsi jiwa untuk dapat mempertimbangkan dan mengukur sesuatu menurut “rasa senang dan tidak senang,suatu pernyataan jiwa yang sedikit banyak bersifat subjektif dalam merasakan senang atau tidak senang. Fantasi masyarakat Indonesia mereka segera ingin keluar dari perasaan tertekan ini,dan berharap dapat menemukan sebuah solusi demi mengurangi penderitaan atas dampak bencana ini dari segi persaan,sehubungan dengan bencana akhir-akhir ini mereka cenderung berfikir semoga tak akan ada hal yang lebih buruk lagi,karena mereka sudah sangat lelah dan tersiksa sehingga merasa ini adalah masa terumit mereka.


2.Apa perbedaan kebudayaan zaman batu,batu tengah dan modern berikan contohnya berdasarkan unsur-unsur kebudayaannya ?
Zaman Batu
terjadi sebelum logam dikenal dan alat-alat kebudayaan terutama dibuat dari batu di samping kayu dan tulang. Zaman batu ini dapat dibagi lagi atas (wikipedia )


contoh dari kebudayaan zaman batu :






Zaman batu tengah (mesolitikum)




Pada Zaman batu tengah (mesolitikum), alat-alat batu zaman ini sebagian sudah dihaluskan terutama bagian yang dipergunakan. Tembikar juga sudah dikenal. Periode ini juga disebut masa berburu dan meramu makanan tingkat lanjut. Pendukung kebudayaan ini adalah homo sapiens (manusia sekarang), yaitu ras Austromelanosoide (mayoritas) dan Mongoloide (minoritas). (wikipedia)



contoh dari kebudayaan zaman batu tengah :




kebudayaan modern 


kebudayaan popular yang biasa di sebut juga sebagai kebudayaan modern itu adalah kebudayaan yg tidak memiliki ketetapan dan selalu berubah-ubah tergantung permintaan.

dimana perkataan popular itu berarti sesuatu yg diinginkan terus dan selalu berkembang.
contoh kebudayaan kita yg kembali ke era-60 dan 70-an..
atau kebudayaan2 modern yg akan terus berubah sesuai dengan perkembangan zaman..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar